Jumat, 22 Januari 2016

Sistem Informasi Psikologi (TUGAS 1 DAN TUGAS 2)


PENGANTAR SISTEM INFORMASI
Pengantar Informasi
Pada zaman yang serba modern sekarang ini  informasi sangat penting dan dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Informasi mudah di dapat dan di akses oleh manusia dimana pun dan kapan pun. Abdul Kadir (2002: 31); McFadden dkk (1999) mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.
Bagaimana hubungan informasi dengan sistem dapat berinteraksi?
Sebelumnya saya akan menjelaskan pengertian dari informasi dan sistem. Menurut Gordon B. Davis (1984:200) informasi adalah data yang telah diproses/diolah ke dalam bentuk yang sangat berarti untuk penerimanya dan merupakan nilai yang sesungguhnya atau dipahami dalam tindakan atau keputusan yang sekarang atau nantinya. Sedangkan menurut Robert G. Murdick (1987:6) sistem adalah satu kumpulan dari beberapa bagian atau unsur yang bergabung untuk suatu tujuan bersama.
Dalam hal ini komputer dirancang oleh manusia yang dapat membantu manusia untuk mencari suatu informasi. Suatu informasi yang baik terdapat juga sistem di dalamnya yang dapat dioperasionalkan oleh manusia untuk mencari dan menyimpan informasi-informasi yang di butuhkan. Oleh karena itu suatu informasi dapat di jalankan dengan baik maka terciptalah sebuah sistem.
Hubungan antara informasi dengan sistem?
Informasi dan sistem saling berkaitan karena sebuah sistem dapat mengolah, menyimpan dan mendistribusikan informasi yang di jalankan dan dikendalikan oleh manusia sehingga dapat menjadi suatu bentuk dan arti bagi si penerimanya.
Hubungan sistem informasi psikologi?
Dalam perkembangan teknologi yang semakin canggih dan modern saat ini maka ilmu psikologi dapat diterapkan dalam teknologi sistem informasi. Menurut Plotnik (2005) psikologi merupakan studi yang sistematik dan ilmiah tentang perilaku manusia dan proses mental. Dapat disimpulkan dari pengertian diatas bahwa sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang dapat menghasilkan informasi tentang perilaku manusia dan mendapatkan suatu pemecahan masalah dan pemahaman dalam mengambil keputusan.
Contoh Kasus
Penggunaan sistem informasi dalam psikologi dapat digunakan dalam laboratorium ketika ingin menghitung skoring dalam tes psikologi yaitu pada tes kepribadian PAPI KOSTICK yang di dalamnya tidak terlepas dari peran ilmu komputer. Pada saat memasukan skor dari tes kepribadian melalui komputer nanti akan kelihatan hasil kepribadian seseorang tersebut seperti apa.

ARSITEKTUR KOMPUTER DAN STRUKTUR KOGNITIF MANUSIA
Bukan hal yang asing lagi pada zaman modern sekarang ini banyak manusia dari kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa yang menggunakan computer. Komputer bukan sekedar untuk membantu pekerjaan manusia saja tapi bisa digunakan untuk media sebagai alat chatting dan media untuk mencari informasi.
Pengertian Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer adalah dapat dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan juga target biayanya.
Arsitektur komputer mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program, contoh : set instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan bermacam-macam jenis data ( missal bilangan, karakter ), aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
3        sub-kategori arsitektur computer
Arsitektur komputer ini mengandung 3 (tiga) sub-kategori, diantaranya meliputi:
§  Set intruksi (ISA).
§  Arsitektur mikro dari ISA, dan juga
§  Sistem desain dari semua atau seluruh komponen dalam perangkat keras (hardware) komputer ini.
Arsitektur Komputer yaitu desain komputer yang meliputi:
·         Set instruksi.
·         Komponen hardware (perangkat keras).
·         Organisasi atau susunan sistemnya.
2        bagian utama arsitektur computer
Terdapat 2 (dua) bagian pokok arsitektur komputer:
§  Instructure Set Architecture, adalah spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan komputer.
§  Hardware System Architacture yaitu subsistem hardware (perangkat keras) dasar yaitu CPU, Memori, serta OS.


Struktur Kognisi Manusia
Kognisi adalah kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atau sesuatu. Proses yang dilakukan adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa. Kapasitas atau kemampuan kognisi biasa diartikan sebagai kecerdasan atau inteligensi.
Neisser mendefinisikan kognisi sebagai keseluruhan proses yang dimulai dengan proses pengubahan stimulus sensorik yang diubah, dikurangi, dimaknai, disimpan dan kemudian digunakan kembali.
Jadi, struktur kognisi manusia merupakan kemampuan berpikir manusia untuk memperoleh pengetahuan dari apa yang dilihatnya dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat menjadikan suatu informasi yang disimpan dan diproses oleh otak.
Kaitkan Antara Struktur Kognisi Manusia dan Arsitektur Komputer
Kaitan antara Struktur kognisi manusia dengan arsitektur komputer yaitu sama-sama memiliki cara kerja yang sama antara manusia dengan computer. Manusia memiliki struktur kognisi atau pikiran dalam memperoleh pengetahuan dan memproses dalam menciptakan komputer yang bisa beroperasi seperti cara kerja otak manusia. Sedangkan Arsitektur computer dibuat dan dirancang oleh manusia bertujuan untuk mempermudah manusia dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Manusia tidak bisa berpikir seperti komputer karena manusia lebih tinggi dibandingkan komputer. Komputer hanya alat untuk membantu manusia dalam melakukan kinerja yang lebih maksimal.
Kelebihan dan Kelemahan
·         Kelebihan Arsitektur Komputer
-          Dapat digunakan oleh banyak orang
-          Mampu menyimpan dan mengolah informasi dengan cepat dan dalam jumlah banyak
-          Lebih praktis dalam membantu pekerjaan manusia
·         Kelemahan Arsitektur Komputer
-          Suka mengalami error
-          Tidak bisa digunakan tanpa intruksi dari user
·         Kelebihan Stuktur Kognisi Manusia
-          Struktur kognitif manusia bersifat kompleks
-          Terjadi proses belajar dari apa yang dilihat dan dipelajari mengenai informasi
·         Kelemahan Struktur Kognisi Manusia
-          Mudah lupa
-          Membutuhkan waktu lama dalam memproses suatu informasi
Contoh Kasus:
Pada saat guru bk di sekolahan ingin mengetahui masalah pada siswanya, kemudian guru tersebut memberikan questioner yang berisi pernyataan tentang masalah belajar, kepribadian siswa dan lingkungan sosial dari siswanya. Setelah itu guru menghitung hasilnya dengan menggunakan program AUM (Alat Ukur Masalah) maka hal ini dapat memudahkan guru bk tersebut mendapatkan informasi dari hasil skoring secara mudah dan praktis. Oleh karena itu struktur kognisi manusia dalam menciptakan program dalam komputer yang canggih tersebut dapat memudahkan dalam mengerjakan tugas-tugas manusia itu sendiri.

Referensi :
Permana, A Nooraidah. (2013). Definisi-Definisi Informasi.  http://www.academia.edu/5524982/Definisi-Definisi_Informasi
Gaol, Jimmy. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Grasindo (Ebook)
Basuki, A.M. Heru .(2008). Psikologi Umum. Jakarta: Universitas Gunadarma
http://www.pengertianku.net/2014/12/pengertian-arsitektur-komputer-secara-lebih-jelas.html (diakses pada 1 Oktober 2015, 19.50)
https://id.wikipedia.org/wiki/Kognisi (diakses pada 1 Oktober 2015, 20.00)
Solso, R., Maclin, O.H., Maclin, M.K. (2007). Psikologi Kognitif edisi kedelapan.
         Jakarta: Erlangga
http://documents.tips/documents/makalah-arsitektur-komputer.html
Materi Perkuliahan Psikologi Kognitif Sains Ibu Mardiyanti
Kelebihan dan kekurangan komputer .http://saco-indonesia.com/?backlink=222&idd=1264 (diakses 3 oktober 2015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar