Rabu, 20 Maret 2013

Perkembangan Alam Pikiran Manusia

Perkembangan  Alam Pikiran Manusia

Bagaimana alam pikiran manusia berkembang?

            Manusia merupakan makhluk yang paling sempurna karena dapat dilihat dari segi fisiknya dan manusia juga mempunyai akal pikiran yang dapat berkembang, walaupun ada sebagian makhluk yang secara fisiknya tidak sempurna tetapi mereka mempunyai kelebihan dalam diri yang dapat dikembangkan dibandingkan dengan hewan,tumbuhan dan makhluk lainnya.
            Alam pikiran manusia dapat berkembang karena adanya rasa keingintahuan dari dalam diri manusia yang dapat menyebabkan alam pikiran manusia itu berkembang.Dari rasa keingintahuan itu manusia menggunakan kemampuan daya berfikir dengan akal serta nuraninya untuk dapat selalu berbuat yang lebih baik untuk dirinya dan lingkungan di sekitarnya.
            Rasa ingin tahu manusia akan sesuatu terus berkembang (curiousty), sedangkan makhluk yang lain rasa keingintahuannya tidak akan berkembang (idle curiousty). Secara sederhana perkembangan rasa ingin tahu dimulai dari pertanyaan apa atau "what" tentang sesuatu, lalu dilanjutkan dengan pertanyaan bagaimana atau "how" dan mengapa atau "why".
            Dari pertanyaan tersebut sehingga dapat dilihat dan diamati dengan panca indra manusia.Munculnya pertanyaan-pertanyaan tersebut manusia mempunyai dorongan untuk berusaha memahami dan mencari tahu untuk mendapatkan jawaban yang telah diamati dari pertanyaan sehingga dapat terjawab dan akan muncul lagi pertanyaan-pertanyaan selanjutnya.