Rabu, 25 Juni 2014

Cara Pencegahan Terjadinya Ketidaksehatan Mental



Pada akhir-akhir ini banyak kasus ketidaksehatan mental yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat, seperti yang baru saja terjadi dan banyak di beritakan di media massa maupun di media elektronik yaitu kasus pedofilia. Pedofilia merupakan salah satu perilaku abnormal atau ketidaksehatan mental. Ketidaksehatan mental bisa terjadi karna pengalaman di masa lalu individu yang ingin membalas dendam kepada orang lain. Dari kasus tersebut adapun cara pencegahan agar tidak terjadi lagi ketidaksehatan mental yaitu bisa dilakukan dalam ruang lingkup keluarga dan lingkungan masyarakat.
Pencegahan di dalam ruang lingkup keluarga
Sebagai orang tua sangat diharapkan untuk dapat menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak-anak kita untuk dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu yang sehat baik fisik maupun mental dan kita juga dapat menghindarkan anak-anak kita dari pengaruh negatif lingkungan sosial di sekitar dengan memberikan penjagaan dan kontrol yang terukur kepada anak kita.
Pencegahan di lingkungan masyarakat
Bukan hanya dari keluarga saja tapi lingkungan juga berperan dalam membentuk kepribadian individu. Di dalam lingkungan kita akan menemukan teman untuk bersosialisasi dan mereka inilah yang akan memberikan berbagai informasi yang penting untuk diri kita sendiri. Oleh karena itu, lingkungan sangat mempengaruhi keadaan dan pembentukan mental serta kepribadian kita. Baik atau buruknya individu dan sehat atau tidak sehatnya mental kita tergantung dimana individu tersebut bersosialisasi .


Mungkin hanya sedikit yang saya ketahui tentang pencegahan ketidaksehatan mental dan  masih banyak lagi berbagai macam pencegahan yang dapat dilakukan,  namun kembali lagi semua ini tergantung kepada individu itu sendiri dalam berperilaku.